Kementerian Pertanian
Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan

Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak

Pelaihari - Kalimantan Selatan

Daftar Berita Pengumuman



Pengumuman Lelang Barang Milik Negara

Pengumuman Lelang Barang Milik Negara (BMN)

Indigofera, Bahan Pakan Alternatif bagi Itik Petelur

Pakan menjadi salah satu bagian terpenting dan merupakan proporsi terbesar dari biaya produksi dalam sebuah usaha budidaya ternak yaitu sekitar 60 – 70%, termasuk salah satunya dalam usaha budidaya itik petelur. Pakan bagi itik petelur...

Pemberian Pakan Hijauan Pada Itik

Usaha peternakan itik merupakan salah satu usaha alternatif untuk meningkatkan pedapatan yang semakin diminati masyarakat di pedesaan maupun di sekitar perkotaan. Peluang pengembangan peternakan itik masih...

Manajemen Brooding pada Itik (Lanjutan)

Brooding adalah masa di mana itik yang berumur 1 hari (DOD/ Day Old Duck) membutuhkan kehangatan dari induknya. Masa ini berlangsung hingga kurang lebih usia 14 hari dan sangat krusial karena akan mempengaruhi produktivitas itik ketika beranjak

Mengenal Potensi Pakan Itik Alternatif Azolla

Salah satu jenis komoditas ternak yang dikembangkan di BPTU – HPT Pelaihari adalah itik. Itik yang dipelihara sendiri terdiri atas 3 jenis yaitu itik Alabio, itik Mojosari dan yang terbaru adalah itik PMp.

Mengenal Penyakit Radang Paha (Quarter Evil, Blackleg, Black Quarter)

Radang Paha atau biasa disebut Blackleg merupakan suatu penyakit bersifat akut dan menular yang terjadi pada sapi, domba dan babi, disebabkan oleh bakteri dari genus Clostridium (Clostridium chauvoei) yang diketemukan dalam tanah dan dalam usus dari hewan normal dan yang mungkin menyerang tubuh melalui kerusakan kulit atau selaput lendir.

Mengenal Penyakit Anthrax

Penyakit Anthrax merupakan penyakit menular yang bersifat akut dan dapat menyerang setiap hewan berdarah panas begitu juga dengan manusia.

Elemen Penting untuk Kesehatan Hewan yang Baik (Bagian II)

Pakan hewan dapat dibagi menjadi 2 macam antara lain serat kasar dan konsentrat. Serat kasar terdiri atas sejumlah pakan yang berisi nutrisi dengan konsentrasi rendah, contoh pakan semacam ini adalah rumput kurus atau hay, silage dan batang jagung, akar tanaman, pucuk daun ubi jalar atau ubi jalar.

Elemen Penting untuk Kesehatan Hewan yang Baik (Bagian I)

Keseimbangan pakan, air murni dan udara adalah elemen penting untuk kesehatan hewan yang optimal dan produktivitas maksimum. Hal lain yang diperlukan diantaranya adalah kondisi padang rumput yang baik, bila hewan dipelihara di bawah kondisi intensif, makanan suplemen, ventilasi bangunan yang baik, cukup exercise, terpapar sinar matahari yang cukup, alas kandang yang baik dan kebersihan lingkungan yang bebas dari kontak penyakit.

Prinsip Umum Penyakit Hewan (Bagian II)

Penyakit, dalam pengertian umum dapat dikatakan sebagai penyimpangan dari kondisi normal hewan. Ini dapat juga dikatakan sebagai perubahan kondisi normal dari seekor hewan yang disebabkan oleh jasad hidup. Penyakit yang disebabkan oleh jasad hidup disebut penyakit infeksius dan semuanya dapat disebarkan dari hewan ke hewan.

Itik Alabio dan Manajemen Pemeliharaan di BPTU-HPT Pelaihari

Usaha budidaya itik terutama itik petelur semakin berkembang, baik untuk telur konsumsi maupun telur tetas. Di Indonesia sendiri dikenal beberapa jenis itik lokal, salah satunya adalah Itik Alabio (Anas Platyrynchos Borneo).

Sekilas Manajemen Perkandangan dan Pakan Itik Petelur

Usaha budidaya itik petelur semakin banyak diminati sebagai alternatif usaha di bidang peternakan unggas. Hal ini dapat disebabkan nilai jual telur itik yang lebih tinggi dari telur ayam, karena dijual butiran. Salah satu kelebihan itik adalah mampu mencerna pakan dengan serat kasar yang lebih dibanding ayam tinggi sehingga harga pakan bisa lebih murah.

Manajemen Brooding Pada Itik

Periode starter dimulai itik umur 1-3 hari atau DOD (day old duck) hingga umur 2 bulan.

Prinsip Umum Penyakit pada Hewan (Bagian I)

Penyakit, dalam pengertian umum dapat dikatakan sebagai penyimpangan dari kondisi normal hewan. Ini dapat juga dikatakan sebagai perubahan kondisi normal dari seekor hewan yang disebabkan oleh jasad hidup. Penyakit yang disebabkan oleh jasad hidup disebut penyakit infeksius dan semuanya dapat disebarkan dari hewan ke hewan.

Sertifikasi ISO 9001:2015 oleh PT TUV Rheinland Indonesia ruang lingkup Pemuliaan, Produksi, dan Distribusi Ternak Unggul Kambing, Itik, Sapi Madura dan Hijauan Pakan Ternak di Penghujung Tahun 2017 tanggal 30 Desember 2017

Padatnya kegiatan di akhir tahun anggaran 2017 menyebabkan seluruh pikiran dan tenaga dari pegawai BPTU-HPT Pelaihari dicurahkan dalam penyelesaian kegiatan, sehingga audit external tentang penerapan sistem manajemen mutu (SMM) 9001: 2015 beberapa kali tertunda.

Bergembira dengan warga Tanah Laut di Tala Expo 2017

Pelaihari, bertempat di Halaman Gedung Pertasi Kencana komplek Perkantoran Gagas Pelaihari, dilaksananakan Tala Expo 2017 mulai tanggal 1 sampai 5 Desember 2017.

Kelas Pelatihan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dengan Metode Palpasi per Rektal dan Ultrasonografi (USG).

Pelaihari, dibawah pendampingan narasumber akademisi dan praktisi reproduksi dari Fakultas Peternakan Universitas Sriwijaya Palembang drh. Langgeng Priyanto, M.Si, BPTU-HPT Pelaihari melaksanakan kelas pelatihan dan penyegaran pemeriksaan kebuntingan (PKB) dengan metode Palpasi per Rektal dan menggunakan alat Ultrasonografi (USG) pada ternak sapi dan kambing kepada pejabat fungsional teknis.

Tarif Baru Produk Peternakan BPTU-HPT Pelaihari

Tarif Baru Produk Peternakan BPTU-HPT Pelaihari

Pendaftaran CPNS Penyuluh Pertanian dari Pelamar THL-TB Penyuluh Pertanian Tahun 2016

Pendaftaran CPNS Penyuluh Pertanian dari Pelamar THL-TB Penyuluh Pertanian Tahun 2016