Kementerian Pertanian
Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan

Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak

Pelaihari - Kalimantan Selatan

Jika Anda telah mengetahui berbagai macam hal sebelumnya mengenai Itik Alabio, nahh jangan lupa untuk selalu mengonsumsi asupan protein hewani.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, dibutuhkan banyak makanan bergizi, salah satunya Anda dapat mengonsumsi daging Itik Alabio ini.

Itik Alabio mempunyai cita rasa yang lezat serta kaya akan protein. Dalam 100 gram daging Itik Alabio menyediakan 55 persen kebutuhan protein harian sobat. Selain protein ternyata daging Itik Alabio mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah antara lain zat besi, zink, selenium, vitamin B, kalium dan fosfor.

Bahkan daging Itik Alabio memberikan sumber zat besi yang sangat baik yakni zat besi heme. Zat besi ini lebih mudah diserap oleh tubuh Anda daripada zat besi non-heme yang ditemukan pada makanan nabati. Zat besi mengatur berbagai aktivitas metabolik, membantu mengatur pertumbuhan sel, dan membantu dalam produksi enzim tertentu.

Dalam daging Itik Alabio juga terdapat vitamin B12 dan B6. Vitamin B membantu tubuh sobat menghasilkan energi dari makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, zink dan selenium merupakan komponen yang tidak dapat ditinggalkan. Setiap 3,5 gram daging Itik Alabio mengandung 1,9 miligram zink (yaitu 17 % dosis yang dibutuhkan oleh pria dan 24 % dosis yang dibutuhkan oleh wanita dalam satu hari) dan 14 mikrogram selenium. Keduanya dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun Anda.