Kementerian Pertanian
Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan

Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak

Pelaihari - Kalimantan Selatan

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil (dari minyak yang bisa diekstrak dari bijinya), drumstick (dari bentuk rumah benihnya yang panjang dan ramping), horseradish tree (dari bentuk akarnya yang mirip tanaman horseradish), dan malunggay di Filipina

Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan. Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia. Biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil.

Daun kelor memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk aspek kesehatan karena memiliki banyak nutrisi, bahkan dapat digunakan untuk perawatan wajah.

BPTU-HPT Pelaihari sebagai unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Pertanian yang memiliki tupoksi sebagai pembibitan hijauan pakan ternak, menyediakan bibit kelor dengan kualitas yang baik. Bibit yang ada dijual dalam bentuk batang yang ditanam dalam kemasan polybag. Harga per batang tanaman adalah sebesar Rp. 2.000.

Terima Kasih.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Ditulis oleh Rossiana Watimena, S.Pt